Dengan banyaknya bisnis pembersih di luar sana, bagaimana Anda membuat perusahaan Anda menonjol? Menjadi seorang profesional dalam semua aspek bisnis kebersihan Anda akan menunjukkan kepada pelanggan dan pelanggan potensial bahwa Anda serius melakukan pekerjaan terbaik yang dapat Anda lakukan. Apakah Anda memiliki latar belakang, pengetahuan, dan pengalaman untuk menjadi seorang profesional? Anda bertaruh! Melakukan pekerjaan terbaik yang dapat Anda lakukan dan memiliki sikap profesional adalah apa yang diperlukan untuk menunjukkan kepada klien Anda bahwa Anda melakukan langkah ekstra.
Ada beberapa faktor yang muncul dalam pikiran ketika Anda berpikir untuk menjadi seorang profesional dalam bisnis pembersihan: penampilan, ketergantungan, pendidikan berkelanjutan, kebanggaan dalam pekerjaan Anda, memperlakukan pelanggan dan karyawan dengan hormat dan jujur, dan mematuhi aturan etiket umum.
Penampilan: Sebagai kontraktor pembersih Anda kemungkinan besar tidak akan mengenakan jas dan dasi, tetapi penampilan Anda masih penting dan dapat meninggalkan kesan abadi pada orang-orang. Saat membersihkan akun, pakaian Anda pasti akan kotor; namun, ketika bertemu dengan klien Anda harus selalu memiliki penampilan yang rapi dan bersih. Baju kerja dengan nama dan logo perusahaan Anda juga memberi Anda satu cara lagi untuk memasarkan perusahaan Anda. Selain penampilan pribadi Anda, peralatan dan kendaraan perusahaan Anda harus bersih. Lagi pula, jika klien Anda melihat bahwa peralatan Anda tidak bersih, keyakinan apa yang akan mereka miliki dalam kemampuan pembersihan Anda?
Ketergantungan: Klien pembersih Anda bergantung pada Anda untuk memberikan layanan tepat waktu sehingga bangunan mereka bersih untuk karyawan, pelanggan, dan pengunjung mereka. Karyawan Anda harus datang tepat waktu dan melakukan pekerjaan sesuai kebutuhan. Apakah hanya Anda atau staf kebersihan Anda, klien Anda bergantung pada Anda untuk tidak hanya membersihkan, tetapi untuk melakukannya tanpa merusak barang atau merusak karpet, lantai atau furnitur. Jika sesuatu terjadi, Anda harus menjadi "profesional" dan beri tahu pelanggan bahwa Anda akan mengurus kerusakannya.
Pendidikan Berkelanjutan: Ada peningkatan konstan dalam bahan kimia, peralatan, dan prosedur pembersihan. Penting untuk disadari bahwa Anda tidak pernah bisa "mengetahui segalanya", tetapi rela menghabiskan sedikit waktu setiap minggu membaca dan mempelajari apa yang baru di industri ini.
Kebanggaan dalam Pekerjaan Anda: Tidak diragukan lagi beberapa pekerjaan akan lebih mudah daripada yang lain, tetapi menempatkan 100% ke dalam setiap pekerjaan, besar dan kecil, dapat membedakan Anda dari perusahaan pembersih lainnya di daerah Anda. Juga tidak ada yang lebih memuaskan bagi profesional mana pun selain melihat pekerjaan dilakukan dengan baik.
Memperlakukan Pelanggan dan Karyawan dengan Hormat: Membersihkan pelanggan bisa mudah untuk bekerja atau sangat sulit dan menuntut. Selalu lebih mudah untuk tersenyum dan menyapa wajah ramah, tetapi sama pentingnya untuk ramah kepada pelanggan yang menuntut.
Meskipun Anda mungkin telah memulai perusahaan pembersih Anda sebagai bisnis satu orang, begitu Anda memiliki karyawan, perlakukan mereka sebagai individu dan anggota tim Anda yang berharga. Minta pendapat mereka dan terbuka untuk ide-ide mereka. Pastikan karyawan Anda tahu apa yang Anda harapkan dari mereka dan bahwa mereka juga diharapkan bertindak sebagai profesional.
Kejujuran: Jujurlah dengan klien Anda tentang layanan yang Anda berikan dan berapa biaya layanan tersebut. Tetap dengan pedoman yang ditetapkan dalam perjanjian yang Anda miliki dengan klien Anda. Dan jangan takut untuk memberi tahu pelanggan kebersihan bahwa ada layanan yang tidak Anda berikan jika Anda tidak memiliki staf, peralatan, atau pengetahuan untuk melakukan pekerjaan dengan benar.
Juga mematuhi pedoman etiket umum berikut:
* Tinggalkan masalah pribadi Anda di rumah dan masalah pekerjaan Anda di tempat kerja - bahkan jika Anda bekerja di luar rumah Anda pastikan ada pemisahan antara keduanya.
* Hindari penggunaan bahasa kotor.
* Jangan makan, merokok, atau minum di tempat kerja.
* Jauhi laci meja dan lemari arsip dan jangan membaca kertas longgar yang tertinggal di meja dan meja.
* Jangan mengambil barang apa pun dari pelanggan meskipun itu sesuatu yang mereka buang ke tempat sampah.
* Jangan menggunakan telepon pelanggan kecuali Anda memiliki izin untuk melakukannya dan kemudian hanya dalam keadaan darurat atau jika Anda (atau karyawan Anda) harus masuk dan keluar.
Perusahaan pembersih Anda dapat menonjol dari kerumunan dengan memasukkan pedoman di atas ke dalam rutinitas dan praktik sehari-hari. Seorang profesional sejati adalah seseorang yang bangga dengan pekerjaan mereka dan selalu bersedia bekerja lebih keras. Menempatkan sedikit tambahan pada apa yang Anda lakukan akan menunjukkan kepada pelanggan Anda bahwa Anda adalah yang terbaik untuk pekerjaan itu!